Kamis, 24 April 2014

19 Tips sederhana hindari pemerkosaan


Kasus perkosaan maupun pelecehan seksual terhadap kaum wanita beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan seiring maraknya peredaran film ataupun video berbau porno baik lewat internet maupun media lainnya. Lihat saja mulai dari kasus pelecehan seksual yang terjadi di dalam Busway Trans Jakarta hingga beberapa kasus perkosaan yang terjadi di dalam angkot. Bahkan pada beberapa kasus perkosaan pelaku tega menghabisi nyawa korbannya yang sudah tak kuasa melawan aksi bejatnya. Beberapa tempat yang selama ini menjadi sasaran empuk para pelaku antaralain terminal, halte, dalam angkot, dan tempat-tempat yang relative dalam kondisi sepi lainnya.


Akhir-akhir ini Pemerintah melalui aparat penegak hukum dan dinas terkait lainnya memang telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir terjadinya tindakan pelecehan seksual maupun perkosaan terhadap para kaum wanita. Misalnya saja dengan menyediakan fasilitas gerbong kereta api khusus bagi wanita, merazia dan menindak tegas angkot-angkot nakal, dan sebagainya. Namun ironisnya kejadian serupa masih saja terjadi dengan berbagai modus. Ini artinya kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya, namun juga karena ada kesempatan.


Untuk itu berikut saya berikan beberapa tips sederhana (namun mudah-mudahan jitu) bagi Anda khususnya para kaum wanita agar terhindar dari tindakan pelecehan seksual maupun perkosaan.
  • Biasakanlah berdoa memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa sebelum Anda bepergian

  • Apabila Anda suka memakai perhiasan saat bepergian, sebaiknya janganlah terlalu berlebihan. Apalagi jika Anda bepergian sendirian. Karena hal itu bisa memancing niatan jahat para pelaku criminal. Akan lebih aman lagi kalau Anda memakai aksesoris biasa.

  • Saat Anda sedang bepergian sendirian tanpa ada yang menemani, sebaiknya hindari lokasi yang terkenal rawan kejahatan. Misalnya saja gang-gang sempit yang gelap dan sepi.

  • Jika memungkinkan bagi Anda para kaum wanita sebaiknya selalu membawa teman saat bepergian yang lokasinya cukup jauh dan beresiko. Terlebih lagi jika waktu bepergiannya pada malam hari. Tentu akan lebih tenang dan nyaman kalau ada yang menemani.

  • Demi keamanan dan kenyamanan bersama bagi Anda para kaum wanita sebaiknya kenakanlah pakaian yang sopan saat bepergian. Dalam artian pakaian jangan terlalu vulgar (seksi). Sebab dengan mengenakan pakaian yang terlalu vulgar sama halnya Anda memberi kesempatan timbulnya niat cabul orang-orang di sekitar Anda. Bukan seberapa menarik anda berpakaian, tetapi bagaimana cara berpakaian Anda agar penjahat berniat untuk melakukan pemerkosaan.Rok panjang bahan tipis ini rentan menarik penjahat melakukan pemerkosaan. Hindari celana dan rok dengan bahan elastis, karena sangat mudah untuk dilepas.Sebaliknya, pakailah celana panjang dan rok dengan pengikat di bagian belakang atau bagian samping. Karena bisa membuat sulit dilepas oleh pemerkosa. Kemudian, sabuk besar lebih aman untuk digunakan.

  • Jangan mudah tergoda dengan rayuan atau iming-iming orang yang baru saja Anda kenal. Terlebih lagi kalau kenalnya hanya lewat dunia maya. Sebab sudah banyak kasus penculikan yang berujung perkosaan hingga bahkan pembunuhan yang berawal dari kenalan lewat jejaring sosial.

  • Untuk menghindari tindakan pelecehan seksual maupun perkosaan bagi Anda para kaum wanita sebaiknya belajarlah beladiri. Paling tidak beladiri khusus untuk perempuan. 

  • Bagi Anda yang tidak punya waktu luang ataupun enggan belajar beladiri, sebaiknya selalu sediakan (di dalam tas, dompet maupun saku) alat sederhana untuk perlindungan diri. Misalnya saja jarum pentul, peniti, bubuk mrica/cabai, maupun alat kejut lainnya untuk melumpuhkan penjahat ketika Anda dalam situasi terdesak.

  • Jangan terlalu sibuk bermain gadget .Jangan sekali-kali jogging dengan iPod karena orang yang menggunakan ipod biasanya tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Sama halnya orang yang asyik dengan ponsel.

  • Sebaliknya, jika ada seseorang mengikutimu, lebih baik keluarkan ponsel dan berpura-pura berbicara dengan seseorang sebab akan membuat sadar pelaku yang hendak berbuat jahat. Dalam percakapan via telepon tersebut, Anda dapat keluarkan suara keras dan mengatakan di mana lokasi tempat rapat.Jika mereka pikir anda berada dalam kondisi aman, maka pelaku akan mengurungkan niatnya.

  • Ikuti kata hati .Percaya atau tidak, kata hati atau insting bisa menyelamatkan diri dari tindak kejahatan yang akan dilakukan terhadap anda. Jika merasa tidak aman, segera pergi untuk mendapatkan bantuan.Pakai insting dan naluri untuk bergerak cepat dan melawan. Sebab refleks gerak cepat adalah naluri alami.

  • Sadar akan lingkungan .Tempat parkir dan garasi adalah dua area yang paling sering jadi tempat pemerkosaan. Jika di tempat parkir ada seseorang mengikuti Anda, mulailah membuat kegaduhan dengan cara berbicara kepada diri sendiri dengan suara keras. Kemudian berbicara dengan orang imajiner, atau berpura-pura untuk berbicara di ponsel Anda. Tindakan tersebut akan menyurutkan orang yang akan berbuat jahat terhadap anda.

  • Gaya rambut.Ternyata gaya rambut ekor kuda dan rambut panjang merupakan kesukaan pelaku pemerkosaan. Karena dengan rambut panjang dan ekor kuda, pelaku sangat mudah untuk memperdaya korban. Jadi hindari gaya rambut seperti itu.

  • Berlagaklah seperti orang gila.Kalau merasa berada pada situasi tidak aman, lebih baik Anda teriak-teriak seperti orang gila. Hal ini lebih baik daripada tetap tenang atau diam sehingga mempermudah orang melakukan kejahatan pada anda.

  • Teriak sekeras-kerasnya.Biasanya teriak keras dapat mengganggu konsentrasi di pemerkosa. Melawanlah seperti kucing, dan berteriak keras dan kuat.

  • Hati-hati saat berada di klub malam.Praktik kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Tak terkecuali tempat klub malam. Untuk itu, mulai berhati-hatilah jika berada di klub malam dengan musik yang keras. Musik yang keras akan menghalangi orang-orang yang hendak membantu Anda saat meminta bantuan.

  • Bersikap tegas.Jika ada orang memberikan perhatian terlalu berlebihan yang Anda inginkan, segeralah bersikap tegas dengan cara memberitahu mereka bahwa sikap tersebut tidak Anda sukai. Tidak perlu bersikap sopan ketika seseorang membuat rayuan seksual yang tidak diinginkan.

  • Jangan membuat Status “lagi sendiri dirumah” di media sosial,karena dianggap sebagai tanda pemberi kesempatan tindakan Kriminalitas.

  • Selalulah waspada dan berserah diri mohon perlindungan kepada Tuhan. Sebab tindakan pelecehan seksual maupun perkosaan bisa menimpa siapa saja, dimanapun dan kapanpun itu saat ada kesempatan. Maka bagi Anda para kaum wanita maupun yang memiliki keluarga wanita, selalulah waspada, saling menjaga, saling mengawasi lingkungan sekitar, dan mari bersama lindungi para kaum wanita. Stop pelecehan seksual dan perkosaan mulai dari sekarang!
Silakan bagikan kepada teman/saudara remaja Putri

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Facebook Themes