Senin, 14 Oktober 2013

Kata Pengantar

Pengarahan Presiden Tentang Gerakan Pramuka

       Dalam pengarahannya, Presiden berpesan kepada seluruh pengurus untuk merevitalisasi Gerakan Pramuka dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang metodologinya sudah dikembangkan. "Saya ingin ada leadership tranining. Ada training for trainers. Berikan ijazah, bahwa dia telah siap untuk melatih lima tahun mendatang. Pada gilirannya nanti, trainers yang dilatih itu akan kembali melatih yang lain-lain, sehingga dalam waktu satu hingga dua tahun mendatang para pembina dan pelatih sudah terdaftar dan mendapatkan sertifikasi dengan kualifikasi yang ditentukan, " paparnya.
        Ditambahkan, pelatihan-pelatihan tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut denganmeningkatkan latihan kepemimpinan, meningkatkan daya tarik generasi muda dengan mengajarkan ketrampilan melintasi rintangan alam, melatih bela diri, meningkatkan pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan serta mengajarkan teknologi dan informasi kepada para anggotanya

--------- oOo ---------

Pramuka, Wadah Pembentukan Karakter Bangsa

Tahun 2010 adalah tahun spesialis. Karena semua akan menjadi bagian penduduk dunia yang serba bebas terbuka. Untuk itu, kita harus mempunyai keahlian tertentu agar dapat mengikuti perkembangan dunia.

Hal inilah yang akan mempertebal keyakinan kita, bahwa gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan pendidikan luar keluarga sangat strategis sebagaimana diajarkan bapak pramuka dunia Lord Boden Powell bahwa gerakan pramuka adalah pendidikan yang mendidik maupun muda untuk selalu siap sedia berkarya dalam cuaca dan suasana bagaimanapun.

“Mari kita kembalikan paradigma dan citra gerakan pramuka dengan mengelolanya secara inovatif dan cerdas serta mengutamakan kualitas serta mengoptimalkan peran dari diri kita,” sebagaimana pengarahan Presiden RI yang tertuang dalam butir-butir Revitalisasi Gerakan Pramuka yang secara umum terangkum, bahwa gerakan pramuka merupakan wadah pembentukan karakter bangsa yang mendidik kaum muda memiliki mental kepribadian yang kuat.

Selain itu bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan kerja keras yang mampu menjadi pelopor dalam membudayakan diri senang bekerja secara cerdas dan iklas melalui berbagai kegiatan yang menarik dan menantang.

“Tidak hanya itu, gerakan pramuka juga mendidik kaum muda untuk selalu meningkatkan semangat bela Negara. Meningkatkan patriotisme dalam membela kepentingan bangsa sebagai patriot pembangunan serta mampu menjadi agen dan pelopor pembaruan dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan NKRI dalam ruh persaudaraan dan persahabatan diantara anggota pramuka yang tentunya tidak lepas dari amalan satya dan darma pramuka”

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Facebook Themes