Rabu, 16 Oktober 2013

Pramuka Ikut Bantu Para Pemudik di Stasiun

Pramuka Ikut Bantu Para Pemudik di Stasiun

Mereka tidak dibayar alias ikhlas.

ddd
Sabtu, 3 Agustus 2013, 12:10
VIVAnews - Jika anda mudik melalui stasiun Gambir, Jakarta, jangan heran jika melihat beberapa anak-anak muda pramuka di sana. Mereka tidak sedang main-main, melainkan sengaja turun untuk membantu para pemudik di stasiun tersebut.

Salah satunya adalah pramuka bernama Ridwan Cahaya Kusuma, dari Gugus Depan Patimura SMPN 60 Jakarta. Di ujung eskalator lantai dua stasiun, Ridwan dengan sigap mengarahkan pemudik yang kebingunan mencari gerbong mereka.

"Ya kami di sini bertugas memberikan informasi dan mengarahkan pemudik yang masih salah gerbong," jelas Ridwan.

Selama bertugas di Gambir, Ridwan kerap kali menemukan banyak pemudik yang salah masuk gerbong. Misalnya ia menemukan kesalahan gerbong pada kereta Gajayana. Untuk musim lebaran ini terdapat dua jenis Gajayana, yakni reguler dan tambahan lebaran.

"Yang masih banyak kesalahan itu pada kereta Gajayana. Gajayana reguler ada di jalur 1 dan 2 dengan jadwal 18.30, sementara Gajayana tambahan lebaran ada di jalur 3 dan 4 dengan jadwal 17.30," ujarnya.

"Meski sudah disampaikan lewat penegras suara, masih ada yang salah," katanya yang telah lulus dari SMKN 53 Jakarta Barat tahun ini. Tugas lain yang diemban pramuka ini yaitu membantu pengecekan tiket penumpang saat boarding pass maupun informasi lokasi sekitar stasiun yang dibutuhkan penumpang.

Ridwan mengaku membantu tanpa dibayar alias ikhlas. Ia tetap senang meski saat masa liburan, ia bersama 10 temannya malah bertugas dari pukul 08.00 hingga 18.00 tiap hari sampai 6 Agustus nanti.

"Ya saat yang lain liburan bahkan mudik, saya senang saja membantu penumpang. Saya di sini dapat pengalaman, teman baru, jaringan komunikasi lain," ujarnya.

Tidak hanya di Gambir, Ridwan mengatakan anggota pramuka juga bantu pemudik di Stasiun Senen, Stasiun Kota, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Tanjung Priok, Terminal dan Pelabuhan Tanjung Priok dan Terminal Kemayoran.

Sumber: Viva News oleh Denny Armandhanu, Amal Nur Ngazis

0 komentar:

 
Design by WordPress Themes | Bloggerized by Facebook Themes